Jumat, 29 Maret 2013

Melihat Bangunan Tempo Dulu, di Keraton Kanoman

Posted by Lensa Peristiwa On 20.52
Komplek Bangunan Witana, Keraton Kanoman, Merupakan Bangunan Pertama Yang Didirikan di Cirebon. ( photo Aji R/wp )


Lawang Sibiawong, pintu besar untuk panjang jimat, Keraton Kanoman.

Bangunan ini berupa pintu gapura yang daun pintunya terbuat dari katu jati. ( photo Aji R/wp )

Cirebon - Mengunjungi bangunan tempo dulu kala liburan pasti menyenangkan dan akan memberi banyak pengetahuan tambahan kepada anak-anak.

Di Cirebon ini banyak bangunan-bangunan peninggalan sejarah yang patut dikunjungi. Saat ini bangunan-bangunan yang bersejarah tempo dulu seperti terlupakan. Sehingga banyak tempat-tempat atau peninggalan sejarah yang hilang dan berubah bahkan keberadaannya tidak terawat. Bahkan banyak yang sudah berubah menjadi pusat perdagangan dan industri.

Hal itu beda dengan peninggalan sejarah yang ada di kota Cirebon Jawa Barat. Karena saat kita melihat bangunan tempo dulu (bangunan lama) yang ada wilayah Cirebon yang ada dalam diri adalah keterkaguman dan rasa salut yang mendalam.

Bangunan cagar yang sangat dilindungi di Kota Cirebon, khususnya bangunan Keraton masih berdiri dengan tegak sehingga kita masih dapat menikmatinya. Salah satunya adalah Keraton Kanoman, yang berada di wilayah Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Keraton Kanoman merupakan komplek yang luas, yang terdiri dari bangunan kuno. salah satunya saung yang bernama bangsal witana yang merupakan cikal bakal Kraton yang luasnya hampir lima kali lapangan sepak bola.

Keraton Kanoman memiliki dua puluh enam bangunan yang didirikan pada awal abad ke 16 kira kira tahun 1588 masehi, kecuali gedung pusaka yang didirikan pada abad ke 20. 

Bangunan bangunan Keraton Kanoman sudah mengalami perbaikan perbaikan seperlunya. Hingga saat ini bangunan bangunan tersebut masih di pergunakan sesuai dengan fungsinya. Tata ruang Keraton Kanoman merefleksikan fungsinya sebagai pusat penyebaran Agama Islam dan pengembangan budaya. [wp]

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

Blogroll

About