Sabtu, 29 Juni 2013

Begini Cara Menyusui yang Baik dan Benar,

Posted by Lensa Peristiwa On 01.05
http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/bayi-menyusui-_130527154311-307.jpg
Bayi menyusui.
REPUBLIKA.CO.ID, Setelah mengetahui segudang manfaat ASI, kini giliran Anda untuk memaksimalkan karunia tersebut untuk buah hati. Proses menyusui yang baik dan benar juga akan meningkatkan produksi ASI. Jadi, jangan lewatkan tips berikut ini.

1. Cuci tangan dengan sabun sebelum menyusui.
 
2. Susui bayi sesuai keinginannya, jangan dijadwal.

3. Bersihkan puting dan aerola (bagian hitam sekitar puting) dengan air hangat.

4. Dekap bayi dan letakkan kepala bayi pada lipatan lengan Anda. Pastikan Anda dan si bayi dalam keadaan nyaman. Perut bayi menempel pada badan Anda, sedangkan telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus.

5. Waktu mulai menyusui, peganglah bagian bawah payudara dengan keempat jari dan ibu jari diletakkan pada bagian atas payudara.

6. Sentuhkan puting pada pipi bayi untuk merangsang agar mulut bayi terbuka lebar. Bayi umumnya memiliki refleks menghisap yang kuat.

7. Masukkan seluruh puting dan aerola ke dalam mulut bayi.

8. Susui bayi dari kedua payudara secara bergantian setiap menyusui. Semakin dikosongkan, maka produksi ASI akan semakin banyak.

9. Sandarkan bayi pada pundak dan usap punggung bayi perlahan-lahan untuk membantunya bersendawa.

10. Jika telah selesai, lepaskan puting susu dengan menahan secara hati-hati payudara. Bila perlu, masukkan ujung jari kelingking dengan lembut ke sudut mulut bayi untuk membuka mulutnya.

11. Untuk Anda, perbanyaklah istirahat dan usahakan agar pikiran tetap tenang. Ingatlah, jika stres Anda meningkat maka produksi ASI Anda akan menurun.

12. Bersihkan dan sterilisasi tempat yang akan digunakan untuk menampung ASI perah.

13. Jika memungkinkan, biarkan suami Anda yang memberikan ASI perah ini agar ia pun lebih terlibat dalam perawatan sang buah hati.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

Blogroll

About