Selasa, 30 April 2013

Puluhan Warga Brebes Positif Terkena HIV/AIDS

Posted by Lensa Peristiwa On 03.52
http://infopantura.com/wp-content/uploads/2013/04/aids.jpg
Brebes -Sebanyak 13 warga Brebes, Jawa Tengah, dalam kurun waktu 4 bulan terhitung sejak Januari hingga April 2013 ini, positif terkena HIV/AIDS. Hal itu diketahui berdasarkan data rekam Voluntary Counseling Test (VCT) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes.

“Jika dihitung mulai tahun 2010 hingga tahun 2013 ini, maka jumlah total penderita HIV/AIDS di Brebes mencapai 60 orang. Dengan demikian, tingkat penderita HIV/AIDS di Brebes memang tergolong tinggi,” ujar Perawat CSV RSUD Brebes, Alfi selaku nara sumber sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, yang dilaksanakan SSR NU Jateng Fatayat 1 di Pendopo Kabupaten Brebes, Senin (29/04/2013).

Dia menjelaskan, para penderita HIV/AIDS tersebut mayoritas kaum ibu rumah tangga. Sebab, hal itu terjadi kebanyakan akibat tertular dari prilaku yang menularkan. Artinya, mereka bisa menjadi korban prilaku pasangan hidupnya. Namun, tidak mentutup kemungkinan akibat penyalahgunaan narkoba melalui jarum suntik.

“Akan tetapi, pada anak juga bisa terjangkit HIV/AIDS melalui Asi atau saat masih dalam kandungan,” tuturnya.

Namun demikian, kata Alfi, dari 60 orang itu, 10 diantaranya kondisi hidupnya sudah optimal berkat adanya sebuah kelompok dukungan yang dibentuknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

Blogroll

About